AYO KE AGAM



Pemerintah kabupaten Agam melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, sedang menggalakkan program pariwisatanya melalui program "Ayo ke Agam". Program tersebut bermaksud untuk mempromosikan objek-objek wisata yang ada di Agam, baik yang lama seperti Puncak Lawang, Danau Maninjau, maupun yang baru, seperti Sajuta Janjang yang berada di kecamatan Banuhampu, Bantoroyo di kecamatan Tilatang Kamang, serta Bukik Baka yang berada dikecamatan  Kamang Magek dan lain-lain.


Hari minggu yang lalu, tepatnya pada tanggal 15 Desember 2019, Organisasi kepala Sekolah atau yang disebut dengan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP sepropinsi Sumatera Barat yang sedang mengadakan Rapat Paripurna di Kabupaten Agam, yang dibuka oleh wakil Bupati Agam, bapak Trinda Farhan Satria, serta  yang dihadiri juga oleh kadisdikbud Agam bapak Isra, M.Pd, dikoordinir  oleh  panitia pelaksana yakni MKKS SMP kabupaten Agam, mengadakan refreshing atau kunjungan ke objek wisata yang baru yang dinamakan SAJUTA JANJANG yang berada dikecamatan Banuhampu tersebut. Janjang atau tangga buatan tersebut berukuran kurang lebih panjangnya sejauh satu kilometer, memiliki tangga kurang lebih sejuta buah, menuju puncak Pinus yang berada di Lereng Gunung Singgalang.


Kunjungan tersebut juga ditemani oleh kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam, bapak Syatria, bpk kasi kurikulum Disdikbud Agam bapak Alfiandri serta ketua MKKS kabupaten Agam, bapak Taslim.



"Rugi kalau kita semua tidak mencapai puncak pinus yang harus melalui tangga atau yang disebut Sajuta Janjang yang artificial ini. Pemandangan dipuncaknya ini juga sangat luar biasa indahnya". Begitulah ocehan semua anggota MKKS SMP se Sumatra Barat tersebut yang datang ke objek wisata ini. Walaupun harus melewati sejumlah tangga yang terjal itu dengan membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya, namun sangat memuaskan pelancong disana, dan malas turun lagi dari puncak tersebut.

Objek wisata tersebut juga didukung oleh kuliner yang enak dan nikmat. Suguhan kopi hangat yang maknyus mmembuat kehangatan semuabyang datang kesana, begitu juga dengan katupek serta makanan ringan yang dibuat oleh penduduk diseputaran tersebut. Untuk itu, Ayo ke Agam...

7 comments:

  1. Yo mandapek bana buk kepala sekolah yo. Lah lalok di hotel dapek pulo jalan2 ka janjan sajuta. Baa rasonyo buk, lai kuek untuk nanjak bareng ka duo kali besuak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uruik dulu kaki ibuk ko Kim, bia talok manjek sajuta janjang baliak. Maklumlah kaki nenekko lah lamo dipakai. 😄😄😄

      Delete
  2. Replies
    1. Ok, Sani. Tapi tunggu kaki bunda pulih dulu ya nak, atau ajak Resti sbg guide nya, tu kan letaknya dibelakang rumah Resti, San..🤭🤭🤭

      Delete
  3. Pulihkan dl kakibunda ya Sani. Atau ajak Resti jd guide nya Sani, kan letaknya dibelakang rmh Resti itu. 😄😄😄

    ReplyDelete
  4. Waktu itu prnh ke janjang sajuta, ya ampun ckup melelahkan buu, kaki aja lgsg goyang2 ga kuat mendaki 😂😂 trackny lumayan juga. Salut bgt lah sama ibu

    ReplyDelete