AMORPHOPHALLUS TITANUM, Amazing


Dikenagarian Koto Rantang kecamatan Palupuh kabupaten Agam, tumbuhlah sejenis tanaman langka yang dalam bahasa latin disebut Amorphophallus Titanum atau Bunga Bangkai yang dilindungi. Saking langkanya, bunga tersebut tumbuh sekali lima tahun, kata pemiliknya Heru. Dengan demikian Heru rajin mengembangbiakkan tanaman tersebut didaerahnya.

Bunga tersebut tingginya sampai berukuran tiga meter atau lebih. Bunga tersebut mulai dari saat mengembang sampai layunya, hanya bertahan selama lima hari. Bunga itu indah dan sangat menakjubkan, namun baunya sangat tidak enak dihidung kita. Disekitar lokasi itu ada bertebaran 500 bibit bakal batang bunga tersebut, namun untuk tumbuh besar itu sangat susah sekali memeliharanya.

Lokasi tempat tumbuhnya bunga itu sangatlah sulit untuk dijangkau para wisatawan. Terletak diatas bukit yang jalannya sangat ekstrim dan mengerikan, yang harus ditempuh selama minimal tiga puluh menit dari jalan raya Bukittinggi - Medan km 14. Selain jalannya mendaki, juga penuh dengan kerikil serta bebatuan dan lobangnya besar-besar. Kiri kanan jalan tersebut terdapat jurang yang terjal dan atau tebing yang curam,yang kalau hari hujan akan mudah sekali runtuh kejalan tersebut.
Namun para pengunjung, saking pingin melihat langsung bunga tersebut tetap melewatinya dengan gigih agar tiba disana dengan selamat.  Setibanya dilokasi tumbuhnya bunga tersebut, pada umumnya pengunjung malas untuk balik lagi. Begitulah daya tariknya bunga bangkai tersebut. Menurut penanamnya Heru, bunga tersebut diperkirakan akan muncul setahun lagi. Beruntunglah masayarakat Palupuh memiliki tanaman langka tersebut.

6 comments:

  1. Makasih bunda, telah ngajak kita ngetrip ke Koto Rantang

    ReplyDelete
  2. Setahun lagi ke sana lagi ya buk. Mau ikut.

    ReplyDelete
  3. Kalau ga langka ga bakal ngetrip kesana kita ya bun.. Ga bakal jalan-jalan gratis juga karna talonsong wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Ayoo ibuu explore sumbar lagii 😆😆

    ReplyDelete
  5. Kita ke Padang panjang lagi bukkk

    ReplyDelete
  6. Wow... keren Buk... rugi banget saia gak bisa ikut hehe...

    ReplyDelete