SMPN 2 Ampek Angkek Budayakan Makan Bajamba bagi Siswanya




Makan Bajamba merupakan simbol makan beradat didaerah Minangkabau, disetiap adanya moment adat dimana saja berada.
Makan bajamba tidak lah mudah untuk melakukannya, kecuali bagi bapak ibuk yang sudah terbiasa untuk itu.



Di SMPN 2 Ampek Angkek, untuk penutupan PBM semester ganjil tahun pelajaran 2022-2033, sekolah mengadakan makan bajamba bersama siswa-siswi dan semua bapak ibuk guru yang ada disekolah tersebut. Makan bajamba tersebut terangkat karena adanya usul dari salah seorang anak yang bernama Aurel Fakhrunnisa yang terpilih sebagai Duta Gizi Remaja yang diadakan oleh Puskesmas Biaro kecamatan Ampek Angkek tingkat SMP dan SMA serta SMK. Yang mana Aurel dan Mutiara yang kami usulkan sebagai peserta utusan dari SMPN 2 Ampek Angkek membawa pesan dari puskesmas, agar semua siswa makan bersama disekolah dengan motto 4 sehat 5 sempurna. Maka sekolah melaksanakannya pada tanggal 3 Desember 2022, sebagai hari terakhir PBM dihari tersebut.


Beberapa hari sebelumnya berembuklah kami para bapak ibuk guru yang ada disekolah, untuk merencanakan kegiatan tersebut, mengumumkan kesiswa dan juga kesemua element sekolah. Semua siswa diajarkan makan berkelompok, 1 kelompok terdiri dari 6 orang, baik laki-kaki maupun perempuan. Alangkah bahagianya mereka makan seperti yang diajarkan tersebut. Alhamdulillah selesai sudah pelaksanaannya makan bajamba tersebut. Semoga semua siswa kami mendapatkan pengalaman yang luar biasa, yang tidak pernah mereka lakukan sebelumnya. Terimakasih bapak ibuk guru atas pembinaan dan pendampingannya terhadap siswa siswi kita.



7 comments:

  1. Tradisi seperti harus dilestarikan buk, sehingga dapat melahirkan jiwa kebersamaan

    ReplyDelete
  2. Salah satu tradisi Minang yang harus diketahui generasi muda ya, Ma'am

    ReplyDelete
  3. Semoga dgn acara ini..nilai2 tradisi minang yg hampir pudar dikalangan remaja karena tergerus arus modernisasi bisa tertanam dan membudaya di kalangan generasi muda khususnya murid SMPN 2 Ampek Angkek..

    ReplyDelete